Laman

Sabtu, 28 Januari 2012

Menguatkan Jaringan Bisnis Online Lewat Facebook


Perkembangan situs jejaring sosial yang popularitasnya sangat menonjol adalah Facebook. Berdasarkan hasil studi dari compete.com, situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mampu menempatkan dirinya sebagai situs jejaring sosial yang layanannya paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan pada 13 Maret 2010, popularitas Facebook mampu mengalahkan Google. Di negara-negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Hongkong, popularitas Facebook menempati urutan teratas.
Dalam perkembangannya, Facebook tidak sekedar menjadi situs jejaring sosial yang hanya berfungsi untuk media pertemanan saja. Namun Facebook telah melengkapi fiturnya dengan menyediakan fasilitas untuk bisnis online. Rupanya Facebook telah menyadari potensi besar bisnis online  di era globalisasi ini.
Terbukanya arus informasi yang difasilitasi dengan perkembangan teknologi internet, telah membuka jalan bagi lahirnya bisnis online. Hadirnya dunia maya yang menampilkan sosoknya sebagai satu bentuk dunia yang tanpa sekat, tidak terpisahkan oleh jarak, tempat, maupun waktu, menjadi daya pikat siapa pun untuk menjelajahinya. Dunia maya menghadirkan dunia global dalam bentuk yang mini dan transparan. Apapun bisa diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Entah itu berupa informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, hingga penawaran produk maupun jasa. Celah ini menjadi aset strategis bagi perkembangan bisnis online yang hadir untuk menembus sekat budaya, jarak, tempat, dan waktu.
Seiring dengan semakin tingginya pengakses internet, khususnya situs jejaring sosial Facebook, prospek bisnis online makin memberikan harapan. Peluang meraup keuntungan besar dengan pangsa pasar para pengguna layanan jejaring sosial tersebut, bukan lagi sekedar omongan kosong belaka. Jutaan pengguna Facebook di seluruh dunia sejatinya adalah target pasar yang sangat potensial bagi sebuah bisnis online. Merekalah yang menjadi mata rantai calon konsumen yang hendak dibidik.
Salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat seseorang memulai bisnis online dengan menggunakan Facebook adalah menguatkan jaringan. Artinya, Anda dituntut memiliki jaringan yang luas antar pengguna Facebook. Mengapa demikian? Karena pengguna Facebook adalah target pasar. Mereka merupakan calon konsumen yang hendak Anda bidik. Semakin luas dan kokoh jaringan pertemanan yang Anda miliki, maka akan semakin banyak pula calon konsumen yang hendak Anda sasar untuk mempromosikan bisnis online Anda.
Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat jaringan bisnis online Anda di Facebook? Tips  berikut ini akan mengulasnya.

            Tips 1: Up dating profil dan status
            Hal ini akan menjadi informasi penting bagi siapa saja yang melihat halaman Facebook Anda. dengan menampilkan informasi yang up to date, setiap orang yang singgah di halaman Facebook Anda akan memahami aktivitas yang sedang Anda jalankan. Termasuk bisnis apa yang Anda tawarkan kepada mereka.

            Tips 2: Perluas jaringan pertemanan
            Dengan terus meng-add pengguna Facebook yang lain, akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda. Anda bisa memulai dari orang-orang yang Anda kenal terlebih dulu, seperti teman sekolah, kuliah, kerja, saudara, kenalan, dst. Jika permintaan pertemanan Anda disetujui, jangan lupa menuliskan catatan pada dinding mereka. Ini sebagai langkah awal untuk menguatkan jaringan bagi siapa saja yang baru mengenal Anda.

Tips 3: Manfaatkan grup
Bergabunglah dengan grup yang berhubungan dengan bisnis online Anda. Hal ini akan membantu Anda menemukan terget pasar dari bisnis online Anda.

Bagaimana, ada banyak peluang bukan? Jadikan peluang ini sebagai sarana untuk menyukseskan bisnis online Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar